Tuesday, July 8, 2008

kecebong jadi kodok, kacang kedele jadi tempe, manusia jadi apa?

Seekor kecebong mendongak ke atas dari bawah air kolam yang jernih
Dia melihat bulan dan bintang betebaran malam itu di langit yang bersih
"Apakah aku bisa menjadi bulan ibu?"
Seekor kodok besar diatas daun teratai di kolam berkoak lalu... "TIDAK MUNGKIN!"

Kecebong kecil mengerutkan dahi, lalu matanya beralih ke bintang
Dia melihat bintang yang sangat kecil dibandingkan bulan
"Kalau begitu apakah aku bisa menjadi bintang bapa?"
Seekor kodok besar diatas batu besar di kolam berkoak lalu... "TIDAK MUNGKIN!"

"Lalu akan jadi apakah aku?" tanya kecebong kepada orangtuanya
Sambil berenang menggerakan ekornya yang kecil untuk ke permukaan
"Kamu nantinya akan menjadi seperti kami, seekor Kodok Besar!"
kecebong menjadi lesu, "Aku hanya akan jadi seperti itu saja?"

"Keahlian apa saja yang akan aku dapatkan?" tanya kecebong lagi

"Kamu akan dapat menangkap nyamuk sebanyak mungkin dengan secepat kilat!"
"Kamu akan dapat melompat sangat tinggi dan sangat jauh!"
"Kamu akan dapat berenang di air dan melompat di daratan!"
bersahut-sahutan kodok-kodok besar yang lain saling mengiyakan

"Dapatkah aku bersinar seperti bintang-bintang dilangit itu?"
"Dapatkah aku menerangi kegelapan seperti bulan dilangit itu?"

TIDAK! TIDAK! TIDAK! TIDAK! TIDAK! TIDAK! TIDAK! TIDAK!
"Buat apa kamu bersusahpayah naik ke langit diatas, dan hanya berpendar selama 12 jam demi makhluk-makhluk dibawahmu yang bahkan tidak menyadari dirimu berguna??"

"Tapi aku akan menjadi sangat spesial, aku bercahaya dan terang, berguna pula"
kecebong kembali menatap langit, bintang-bintang berkedip padanya

"Dasar bodoh, jadi kodok itu enak! Setiap harinya hanya makan dan berkuak!"
"Apa maksudmu menjadi kodok itu membosankan??? Dasar tidak tahu diri!"
"Benar, berada diluar kolam ini banyak sekali ancaman, hidup kita tidak akan nyaman!"
"Kenapa kamu ingin keluar dari kolam ini dan meninggalkan hidup yang nyaman??"

Kecebong hanya diam, dia tidak ingin menjadi kodok saja
Apakah hanya akan menjadi kodok saja? yang kerjanya makan dan berkuak?
Apa hanya ingin menunggu keajaiban dia menjadi bintang?
Apakah mungkin dia bertransformasi menjadi makhluk lebih tinggi?

"Aku akan menjadi bintang!"

2 comments:

kaiZen said...

you are such a talented story teller me...alwyas use it in positive way..so you may not only change your self but touch other people too...

Nice story this one..just like i said..."ANYTHING IS POSSIBLE"...

Anonymous said...

Kecbong jadi kodok, kacang kedele jadi tempe, manusia jadi Apa? Terserah se Tapi kalo ane maunye Jadi cowo yang bisa ndapatin bidadari kaya ente!

Heehee...
IS IT Possible But KAIZEN said "Anything is Possible"