Thursday, April 17, 2008

negara belantara rimba

Kutinggal di negara belantara, yang berlaku hukum rimba
Siapa yang kuat dia yang menang, yang lemah akan dimakan
Yang memiliki belang akan terselubung dibalik dedaunan
Yang putih bersih akan tampak di kegelapan malam

Kulihat gubugku, begitu kotor, bau, dan lembab
Sarang laba-laba dipojok-pojok, kotoran tikus bertebaran
Tikus-tikus itu tidak tampak, Laba-laba meneteskan bisanya
Bagaimana lagi aku bisa membersihkan tempatku tinggal?

Membersihkan rumahku sendiri saja sulit
Bahkan memiliki 100 pembantu pun tidak bersih
Bagaimana aku bisa merasa nyaman berada di rumahku sendiri
Bagaimana aku bisa hidup di negaraku sendiri

Aku mulai merapikan diri
Menata rambut dan busana
Memotong rapi kuku jari
Mencuci muka dengan bersih

Kemudian kubersihkan bajuku
Kubersihkan sepatuku
Kubersihkan sekelilingku rapih
Kubersihkan sedikit demi sedikit

Kuajak orang lain membersihkan dirinya sendiri
Kuajak keluargaku membersihkan dirinya sendiri
Kuajak teman-temanku membersihkan dirinya sendiri
Kuajak kolega-kolegaku membersihkan dirinya sendiri

Kuminta keluarga, teman-teman, kolega-kolega
Untuk mengajak keluarganya, teman-temannya, kolega-koleganya
Melakukan seperti yang aku lakukan
Mereka bilang "IYA"

Sedikit demi sedikit gubug lusuh itu menjadi lebih bersih
Semoga belantara rimba ini menjadi semakin cerah
Harimau menampakan belangnya dibalik semak
Tikus-tikus akan pergi dari negara belantaraku

No comments: